Tips Memilih Makanan Kucing yang Bagus dan Murah

Tips Memilih Makanan Kucing yang Bagus dan Murah

Bagi seorang pemilik kucing, tentunya menginginkan hewan kesayangannya mendapatkan makanan yang bagus sehingga kebutuhan hewan peliharaannya akan nutrisi akan terpenuhi. Sayangnya tidak semua pemelihara hewan berbulu ini memiliki keuangan yang sama, ada yang memiliki keterbatasan dari sisi keuangan. Di artikel ini saya akan mengulas tentang bagaimana cara memilih makanan kucing yang bagus dan murah.

Tips Memilih Makanan Kucing yang Bagus dan Murah

Dalam memilih makanan kucing yang bagus dan murah, anda tetap harus menomorsatukan kualitasnya. Jangan sampai karena ingin berhemat, anda justru memberikan makanan yang dapat membahayakan kesehatan hewan berbulu kesayangan anda ini. Ketika kita pergi ke Petshop, kita mungkin akan bingung bagaimana memilih makanan karena saking banyaknya merk yang ada disana. Beberapa merk makanan yang diklaim terbaik, ternyata memiliki banderol harga selangit.

Tentunya bagi pemilik hewan yang memiliki keuangan, membeli makanan dengan harga tinggi tersebut dirasa akan memberatkan. Akan tetapi bukan berarti, makanan yang mahal tadi lebih baik dibandingkan yang memiliki harga murah. Berikut ini adalah beberapa tips memilih makanan kucing yang bagus dan murah.

1. Memilih Makanan Dengan Protein Tinggi

Kucing merupakan hewan yang metabolismenya tidak bisa menguraikan karbohidrat dengan baik. Oleh karena itu, pilihlah makanan yang memiliki kadar protein tinggi dan rendah karbohidrat. Protein selain digunakan untuk membangun sel-sel tubuhnya, ternyata juga dijadikan sumber energi bagi hewan karnivora ini.

Sedangkan karbohidrat yang merupakan sumber energi utama manusia, ternyata bisa membawa penyakit bagi kucing. Hal itu dikarenakan metabolisme hewan ini tidak bisa memprosesnya dengan baik, sehingga ketika ia memakan makanan dengan kadar karbohidrat tinggi maka kadar gula dalam darahnya akan meningkat. Dengan begitu kucing tersebut akan mengalami diabetes, yang dapat berakibat fatal seperti meningkatkan resiko jantung, kelumpuhan, pembusukan tubuhnya dan masalah lain yang kronis.

2. Pastikan Mengandung Mineral dan Vitamin

Seperti manusia, kucing juga membutuhkan nutrisi berupa mineral dan vitamin untuk kesehatannya. Oleh sebab itu, anda perlu memberi makanan yang memiliki kandungan keduanya. Akan tetapi kucing juga tidak boleh kelebihan mengkonsumsi vitamin dan mineral, karena bisa menjadi sumber penyakit.

Ketika kucing anda mengkonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak mineral, maka ia menjadi beresiko terkena FUS. FUS merupakan masalah di saluran kencing kucing yang menyebabkannya tidak bisa buang air kecil. FUS jika dibiarkan hingga parah dapat menyebabkan kematian pada hewan berbulu ini.

Kelebihan vitamin juga bisa menyebabkan masalah pada tubuh hewan peliharaan anda. Ketika kucing mengalami kelebihan vitamin secara terus menerus, maka ginjalnya beresiko bermasalah. Hal itu dikarenakan ginjal akan terus dipaksa bekerja keras untuk mengeluarkan kelebihan vitamin ini keluar tubuh.

3. Terbuat dari Bahan Makanan Terbaik

Anda perlu memilih makanan kucing bagus dan murah yang bahan bakunya dibuat dari bahan terbaik. Pilihlah makanan yang dibuat dari daging asli sesuai dengan sistem pencernaan hewan ini yang merupakan karnivora. Banyak makanan kucing yang memiliki bungkus menarik, akan tetapi ternyata isinya kurang berkualitas. Oleh sebab itu, anda jangan melihat isi dari bungkusnya saja karena siapa tahu makanan tersebut bisa beresiko terhadap kesehatannya.

Anda bisa berkonsultasi ke dokter hewan langganan anda, mengenai jenis makanan yang bagus dan sesuai dengan budget anda. Biasanya dokter hewan telah mengetahui beberapa merk yang memiliki kualitas bagus tetapi dengan harga terjangkau. Salah satu merk makanan yang memiliki harga terjangkau tetapi kualitasnya baik adalah Yummy. Yummy merupakan makanan kucing murah dan bagus yang terbuat dari daging pilihan tanpa tambahan kacang-kacangan. Makanan ini sangat bagus untuk sistem pencernaan hewan berbulu kesayangan anda tersebut.

Cara Membuat Makanan Kucing yang Bagus dan Murah Sendiri

Selain membeli makanan kemasan yang dibuat dari pabrik, anda juga bisa lho membuat sendiri makanan kucing anda dari bahan-bahan yang ada di pasar. Makanan buatan sendiri ini cocok untuk variasi selain dari makanan buatan pabrik yang diberikan. Dengan adanya variasi makanan ini, kucing anda menjadi tidak akan bosan sehingga nafsu makannya selalu terjaga.

Cara Membuat Makanan Kucing Basah

Anda bisa membuat sendiri makanan kucing basah dengan bahan-bahan yang mudah anda dapatkan. Pertama-tama siapkanlah bahan-bahan berikut ini :

  1. 230 gram kentang yang telah dikupas kulitnya
  2. 27 gram vitamin kucing
  3. 1 sendok teh minyak ikan salmon
  4. 500 gram Daging ikan atau ayam yang masih segar
  5. 1/2 bungkus agar-agar swallow
  6. Air putih

Cara membuatnya makanan kucing yang murah dan bagus ini adalah dengan memasak 1/2 bungkus agar-agar dengan air sebanyak 500 ml. Setelah direbus hingga matang, agar-agar tersebut didinginkan hingga mengeras. Rebus juga daging menggunakan air hingga mendidih di tempat yang terpisah.

Setelah agar-agar dingin dan daging direbus hingga matang, campurkan semua bahan lain yang telah disiapkan menjadi satu. Haluskan semua bahan tersebut menggunakan blender hingga mudah dikonsumsi oleh kucing anda. Makanan buatan sendiri ini memiliki kandungan protein tinggi, mineral dan vitamin cukup serta serat yang berasal dari agar-agar. Dengan makanan ini kucing anda akan tetap mendapatkan makanan bagus walaupun biaya yang dikeluarkan murah.

Cara Membuat Makanan Kucing Kering

Selain membuat makanan basah, anda juga bisa membuat makanan kering dari bahan-bahan yang mudah didapatkan. Makanan kering ini bersifat crispy dan mudah dicerna oleh hewan peliharaan anda. Beberapa bahan yang perlu anda siapkan adalah sebagai berikut :

  1. 500 gram daging ayam yang telah dihaluskan
  2. 5 sendok makan minyak ikan dan 100 gram labu kuning potong
  3. 2 Butir telur ayam dan 200 gram tepung terigu

Untuk pembuatannya sangat mudah, haluskan daging dan labu kuning menggunakan blender. Setelah kedua bahan tersebut halus, campurkan keduanya dengan tepung terigu, minyak ikan dan telur ayam. Aduk adonan hingga rata, kemudian dibentuk menjadi bulatan kecil sehingga mudah dikonsumsi oleh kucing.

Panggang adonan bulatan diatas menggunakan oven pada suhu 230 derajat celcius selama 9-12 menit. Setelah dingin, anda bisa memberikan makanan kering ini kepada kucing peliharaan anda. Agar tidak melempem, anda perlu menyimpannya pada toples tertutup rapat yang kedap udara.

Rekomendasi Merk Makanan Kucing yang Bagus dan Murah

Bagi anda yang memiliki aktivitas padat, mungkin membuat makanan kucing sendiri akan merepotkan. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir, karena ada merk makanan kucing yang memiliki harga murah tetapi kualitasnya bagus. Anda bisa membeli Yummy, sebuah merk wet food untuk kucing yang telah memenuhi semua syarat sebuah makanan yang baik. Dilihat dari bahan baku dan nilai nutrisinya, Yummy sangat direkomendasikan untuk hewan berbulu kesayangan anda tersebut.

Apabila kucing anda lebih menyukai dry food, anda bisa memilih Hero sebagai pilihan anda. Hero juga merupakan makanan dengan harga terjangkau tetapi memiliki nilai nutrisi yang tinggi, sesuai dengan kebutuhan kucing anda. Hero juga memiliki beberapa varietas rasa yang bisa anda pilih, sesuai dengan selera kucing anda. Kedua makanan kucing yang bagus dan mudah ini bisa anda dapatkan di petshop terdekat di kota anda.

Tagged with: