Tips Memilih Pet Shop yang Baik dan Terpercaya

Tips Memilih Pet Shop yang Baik dan Terpercaya

Bagi kamu yang memiliki hewan peliharaan tentunya tidak bisa melepaskan diri dari yang namanya Pet Shop. Selain sebagai tempat membeli perlengkapan hewan peliharaan serta pakannya, tempat ini juga sering kali menjadi tempat berobat ketika hewan kesayangan kita sedang sakit.

Hal itu dikarenakan saat ini kebanyakan pet shop sudah memiliki dokter hewan yang berjaga di sana, sehingga kita bisa berkonsultasi ataupun berobat ketika hewan kita sedang sakit. Pet shop juga seringkali dijadikan tempat penitipan hewan, misalnya saja saat kita ingin pergi keluar kota selama beberapa hari. Tentu untuk membawa hewan kesayangan kita pergi seringkali menjadi merepotkan. Tidak mungkin juga kita akan meninggalkan hewan kesayangan kita sendirian di rumah.

Oleh sebab itu, memilih toko hewan yang baik ini tidak bisa disepelekan. Anda perlu mencari pet shop yang memiliki tanggung jawab dan komitmen tinggi untuk menjaga hewan kesayangan kita apabila sedang dititipkan disana. Dengan begitu hewan tersebut bisa terpelihara dengan baik disana, layaknya ketika berada di rumah anda.

Tips Memilih Pet Shop

Seperti yang telah saya bahas diatas, pet shop saat ini tidak hanya sebagai tempat membeli perlengkapan hewan saja. Akan tetapi saat ini telah berevolusi sebagai tempat merujuk kesehatan serta penitipan hewan. Oleh karena itu, dalam memilih pet shop ini anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini :

Carilah toko hewan yang memiliki surat izin resmi dari pemerintah

Dengan memiliki izin resmi, maka setiap tindakan dan layanan yang diberikan kepada hewan peliharaan anda dapat dipertanggung jawabkan. Hati-hati dengan pet shop yang tak berizin, apalagi jika anda ingin menitipkan hewan anda disana. Terkadang karena tidak dirawat dengan baik, hewan kesayangan anda justru mati atau kabur ketika dititipkan disana. Sudah banyak kejadian terjadi, dimana kucing yang dititipkan yang tadinya sehat justru mati ketika dititipkan di petshop kecil dan tak berizin.

Pilihlah yang memiliki dokter hewan

Dengan kehadiran dokter hewan di pet shop langganan anda, maka anda tidak perlu repot ketika hewan peliharaan anda sakit. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter di pet shop tersebut, ketika hewan peliharaan anda mengalami masalah kesehatan. Kehadiran dokter hewan juga bisa digunakan sebagai tempat konsultasi untuk masalah makanan, shampoo ataupun perlengkapan lainnya. Biasanya dokter hewan akan merekomendasikan makanan kucing berkualitas, seperti Yummy dan Hero. Dimana kedua makanan ini memiliki kandungan nutrisi lengkap, dapat mencegah FUS dan hairball sehingga sangat direkomendasikan oleh banyak dokter hewan di Indonesia.

Pilihlah Toko hewan yang sudah dipercaya banyak orang

Untuk memilih petshop yang tepat, anda bisa bertanya pada komunitas pecinta hewan yang ada di sekitarmu. Biasanya di komunitas pecinta hewan ini telah terdapat informasi akurat mengenai petshop mana saja yang memiliki kualitas bagus. Biasanya pendapat banyak orang memiliki tingkat keakuratan tinggi. Sebuah toko hewan yang dipercaya banyak orang tentunya memiliki kualitas yang baik pula, sehingga toko tersebut menjadi berkesan di ingatan mereka.

Pilih pet shop yang berada di lingkungan nyaman

Tentu kita tidak mungkin tenang ketika kita menitipkan hewan peliharaan kita pada toko hewan yang kotor dan kumuh. Kucing yang berada di sana pun tentunya menjadi tidak tenang dan rawan tertular penyakit. Oleh sebab itu, anda harus memilih pet shop yang berada di lingkungan nyaman dan menjaga kebersihannya. Kebersihan juga menjadi salah satu indikator kualitas pelayanan sebuah toko hewan, bila menjaga kebersihan tokonya saja tidak mampu bagaimana toko tersebut bisa menjaga hewan peliharaan kita dengan baik.

Pilih pet shop yang memisahkan kucing sakit dan sehat

Ini juga sangat penting untuk dilakukan ketika anda memilih sebuah pet shop, karena beberapa penyakit hewan bisa menular. Saya mempunyai sebuah kejadian kurang mengenakan ketika menitipkan hewan. Dimana tempat penitipan hewan tersebut ternyata tidak memisahkan antara kucing yang sehat dan sakit, alhasil kucing kesayangan saya tertular virus panleu. Untung saja, kucing kesayangan saya ini akhirnya bisa sembuh walaupun sempat di opname selama seminggu.

Itu juga menjadi sebuah perhatian saya, karena ternyata toko langganan saya tersebut tidak memisahkan antara kucing sakit dan sehat. Akhirnya saya sudah tidak kesana lagi, karena sangat beresiko apabila menitipkan hewan di pet shop yang berperilaku seperti itu. Seperti yang kita tahu, banyak penyakit dapat menular dari satu hewan ke hewan lainnya. Tentunya apabila pet shop tersebut mencampur antara hewan yang sakit dan sehat di dalam satu ruangan, maka resiko terjadi penularan menjadi tinggi. Kita tidak ingin donk hewan kita yang sehat setelah dititipkan justru menjadi sakit.

Pet shop merupakan tempat yang sangat penting bagi anda pemilik hewan peliharaan untuk memenuhi semua kebutuhan hewan tersebut. Kebutuhan seekor hewan sendiri terbilang sama banyaknya dengan manusia, sehingga kita perlu memilih selektif untuk memilih agar mendapatkan toko hewan berkualitas dengan rujukan beberapa poin diatas.

Rekomendasi Pet Shop Terbaik

Setelah kita membahas tentang poin-poin untuk memilih pet shop yang baik diatas. Tentunya kamu yang belum terlalu mengetahui tentang pet shop di sekitarmu, membutuhkan saran dimana saja toko hewan yang sesuai dengan kriteria di atas. Saya sendiri tentunya tidak mengetahui seluruh informasi dimana saja toko hewan berkualitas di seluruh Indonesia. Akan tetapi saya bisa memberikan saran dan rekomendasi beberapa pet shop yang menurut saya cukup bagus, diantaranya :

  1. MyPets Adam Malik, Medan
    Lokasinya berada di Jl. T. Amir Hamzah No.55a, Helvetia Timur, Kec. Medan Helvetia, Kota Medan, Sumatera Utara 20117
  2. MyPets Asia, Medan
    Lokasinya berada di Jalan Asia Kompleks Asia Mega MAS Blok J, Sukaramai II, Kec. Medan Area, Kota Medan, Sumatera Utara 20224
  3. MyPets Cemara, Medan
    Lokasinya berada di Jl. Cemara No.27a, Pulo Brayan Darat II, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20237
  4. Sobat Bulu, Pekanbaru
    Lokasinya berada di Jl. HR. Soebrantas Panam, Delima, Kec. Tampan, Kota Pekanbaru, Riau 28289
  5. Sobat Bulu, Palembang
    Lokasinya berada di Blok BA 9 KOMPLEK OPI, Jl. Opi II, Sungai Kedukan, Rambutan, Banyuasin Regency, South Sumatra 30967
  6. Sobat Bulu Semarang
    Lokasinya berada di Jl. Gajah Raya No.6, Sambirejo, Kec. Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50166
  7. Paws Park Bandung
    Lokasinya berada di Jl. Taman Kopo Indah III No.F 7, Mekar Rahayu, Kec. Margaasih, Bandung, Jawa Barat 40218
  8. Paw Parks Bali
    Lokasinya berada di Jl. Tukad Batanghari XV No.21, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
  9. Happy Paws Batam
    Lokasinya berada di Kompleks Ruko King Business Centre Blok C2 no-17, Batam Kota, Batam City, Riau Islands 29464

Bagi anda yang berada di sekitar pet shop diatas, anda tidak perlu lagi untuk memilih mereka untuk memenuhi kebutuhan hewan kesayangan anda. Selain memberikan pelayanan terbaik, di sana anda dapat mendapatkan berbagai kebutuhan hewan anda dengan kualitas baik.

Misalnya saja untuk makanan kucing dan anjing, anda bisa memilih hero dan yummy. Sedangkan untuk anda yang membutuhkan shampoo untuk membersihkan hewan berbulu anda, anda bisa membeli Glow disana. Untuk kebutuhan pasir kucing kesayangan anda, anda bisa menggunakan ecosand yang telah tersedia di pet shop rekomendasi saya tersebut.

Tagged with: , , ,