Tips Mengetahui Berat Badan Ideal Kucing

Tips Mengetahui Berat Badan Ideal Kucing
Berat Badan Ideal Kucing

Obesitas pada anak-anak dan orang dewasa telah meningkat selama bertahun-tahun. Fakta ini ternyata juga diikuti oleh hasil penelitian yang telah menunjukkan bahwa obesitas hewan peliharaan juga meningkat. Berat rata-rata kucing terus meningkat selama bertahun-tahun seiring bertambahnya berat badan hewan peliharaan. Memangnya, bagaimana cara mengetahui berat badan ideal kucing?

Sama halnya dengan manusia, penambahan berat badan pada kucing meningkat seiring bertambahnya usia dan dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan. Sementara kucing gemuk mungkin lembut, licin, dan bagus untuk dipeluk, mereka bisa sangat kelebihan berat badan dan itu bisa berbahaya.

Ada sisi lain dari poin ini adalah kucing Anda bisa sangat kurus. Jika tidak mendapatkan nutrisi yang tepat atau jika ada masalah kesehatan lain yang mendasarinya, kucing mungkin tidak memiliki berat badan yang seharusnya. Penting untuk memantau dan mengobati kelainan berat badan pada hewan peliharaan kamu. Mari kita jelajahi berat badan yang sehat untuk kucing, penurunan berat badan, dan manajemen berat berat badan ideal kucing.

Ketahui Berat Badan Ideal Kucing

Tren Kucing Gemuk Harus Dihentikan - MerahPutih

Tampaknya lebih mudah untuk mengurangi semua kucing ke ukuran tubuh ideal yang sama. Tapi, sama seperti manusia, ada berbagai tipe tubuh dan faktor seperti ras, usia, atau jenis kelamin, yang memengaruhi berat badan ideal.

Secara umum, berat rata-rata kucing domestik adalah sekitar 4,5 kg. Namun, ini dapat bervariasi hingga sekecil 2 kg untuk kucing Siam atau sebesar 22 kg untuk kucing Maincoon. Kedua kucing tersebut masih memiliki berat badan yang sehat untuk jenisnya.

Cara yang baik untuk menilai apakah kucing kamu memiliki berat badan yang sehat adalah dengan melihat lemak perutnya. Ketika kucing berdiri dengan keempat kakinya di permukaan yang rata, lihatlah area tubuhnya. Lemak perut tidak boleh turun di bawah siku, juga tulang rusuk tidak boleh terlihat.

Membantu Kucing Menurunkan atau Menambah Berat Badan dengan Aman

Jika kucing kamu kelebihan atau kekurangan berat badan, mereka dapat berisiko lebih tinggi mengalami lebih banyak masalah kesehatan. Masalah-masalah ini dapat mencakup diabetes, osteoartritis, peradangan, masalah kemih, kondisi jantung, dan banyak lagi.

Kamu dapat membantu kucing kamu menurunkan atau menambah berat badan, seperti yang kamu lakukan pada kebanyakan manusia. Sebagian besar adalah perubahan pola makan dan peningkatan aktivitas fisik.

Pertama, temukan merek makanan hewan peliharaan yang sehat untuk kucing. Pastikan daging dan sayuran termasuk dalam lima bahan pertama. Hindari makanan yang mengandung banyak “produk sampingan” atau yang banyak mengandung bahan pengisi seperti kedelai atau jagung. Untuk beberapa kucing, beralih dari makanan kering ke makanan basah dapat membuat perbedaan besar.

Langkah penting lainnya dalam mencapai berat badan yang sehat adalah mengontrol porsi. Beberapa kucing membutuhkan pengumpan yang melepaskan sebagian kecil makanan sepanjang hari sehingga mereka tidak memakan semua makanan mereka dalam sekali duduk. Ini dapat membantu mereka mengatur kecepatan dan menghindari makan berlebihan.

Akhirnya, olahraga dan aktivitas fisik adalah kuncinya! Kucing atau orang yang kelebihan berat badan cenderung memiliki gaya hidup yang tidak banyak bergerak. Baik itu mencabut laser pointer atau membawa beberapa mainan baru ke dalam campuran, waktu bermain dengan kucing Anda adalah penting.

Manusia meluangkan waktu dari hari mereka untuk pergi ke gym ketika mereka ingin melihat. Dengan kucing, menjadwalkan waktu yang ditentukan untuk aktivitas fisik, meskipun hanya 30 menit sehari akan membuat perbedaan.