Tips Sederhana Agar Kucing Mau Dimandikan Dengan Tenang

Tips Sederhana Agar Kucing Mau Dimandikan Dengan Tenang
Agar kucing mau dimandikan

Sebenarnya setiap kucing biasanya bisa membersihkan tubuhnya sendiri. Ketika kamu melihat kucing sedang menjilati tubuhnya sendiri, itulah waktu mereka sedang mandi sendiri. Dengan menjilat saja mungkin kamu merasa mereka masih kurang bersih jadi membutuhkan mandi dengan air. Agar kucing mau dimandikan dengan tenang kamu membutuhkan trik.

Inilah Cara Agar Kucing Mau Dimandikan

Sering kali banyak orang yang memandikan kucingnya akan dicakar atau malah tidak jadi memandikan karena sudah kabur duluan. Hal tersebut memang biasa karena kucing adalah hewan yang takut dengan air dan tidak ingin menyentuh air sama sekali. Untuk itu sebaiknya kamu ikuti beberapa langkah dibawah ini agar kucing mau dimandikan dengan tenang, sebagai berikut:

  1. Memiliki shampo khusus kucing

Yang perlu kamu siapkan pertama untuk memandikan kucing kamu yaitu membeli shampo khusus untuk kucing. Namun jika darurat dan tidak sempat untuk membelinya, kamu dapat memakai shampo untuk bayi. Ini disebabkan kandungan gentle yang ada di dalamnya. Takaran menggunakan shampo tersebut juga tidak boleh terlalu banyak, mengingat memang bukan shampo khusus untuk kucing.

  1. Jam mandi

Tips ini juga perlu untuk kamu perhatikan bila ingin memandikan kucing. Sebaiknya jam mandi kucing adalah ketika matahari sudah terik atau tinggi. Saat suhu udara sudah mulai panas dan tidak dingin. Perkiraan waktunya sekitar jam 11.00 hingga 16.00 adalah jam paling bagus untuk memandikan kucing.

  1. Menggunakan air hangat

Sebab kebanyakan kucing lebih sensitif terhadap hawa yang dingin. Untuk itu sebaiknya kamu gunakan air hangat ketika memandikannya. Tips satu ini yang nantinya akan membuat kucing lebih tenang ketika kamu mandikan. Kamu pastikan bahwa air tersebut benar-benar hangat jangan terlalu dingin maupun terlalu panas.

Jika memang bisa, sebaiknya kucing jangan dimasukkan ke dalam ember maupun bak mandi. Saat memandikannya kamu hanya perlu menyiramnya dengan air hangat yang sudah kamu siapkan dengan pelan. Kamu dapat memakai alat bantu selang, gayung mandi atau shower.

  1. Mengeringkan bulu kucing

Saat proses memandikan kucing selesai, hal yang perlu lakukan selanjutnya adalah mengeringkan bulu kucing. Pakai handuk atau lap dengan tekstur yang lembut untuk mengeringkan bulunya.

Bisa juga memakai alat hair dryer yang bisa membantu kamu mengeringkan bulunya dengan cepat. Pakai alat tersebut dalam jarak yang aman, jangan terlalu dekat sebab kucing akan merasa kepanasan. Kamu pastikan bahwa bulu kucing harus benar-benar kering sebab jika masih basah dan lembab, kucing akan mudah terserang jamur atau sakit pilek.

  1. Umur kucing

Saat ingin memandikan kucing sebaiknya untuk memperhatikan umur kucing lebih dulu. Banyak dokter hewan menyarankan bahwa umur kucing yang belum genap 2 bulan tidak boleh untuk dimandikan. Jika kucing kamu masih kecil dan belum genap 2 bulan maka sebaiknya dilap saja memakai tisu basah supaya badannya bisa bersih dari kotoran.

Untuk memandikan kucing tunggu umurnya genap 3 bulan. Hal ini bisa kamu konsultasikan bersama dengan dokter hewan agar memastikan bahwa kucing kamu sudah siap untuk dimandikan atau belum.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar kucing mau dimandikan dengan tenang. Bagi kamu yang tidak ingin ribet dan tetap ingin menjaga kebersihan kucing. Sebaiknya membawa kucing ke petshop Mypets untuk dimandikan. Dengan begitu kucing milikmu akan lebih bersih dan tentu saja wangi.

 

Tagged with: , ,