Trik Memilih Anjing untuk Peliharaan di Rumah

Trik Memilih Anjing untuk Peliharaan di Rumah
memilih anjing untuk peliharaan

Apakah ini kamu sedang bersiap untuk memelihara anjing? Trik memilih anjing untuk peliharaan di rumah ternyata tak semudah yang kamu kira. Faktanya, mengadopsi anjing adalah suatu keputusan besar pada hidupnya, di mana kamu akan jadi temannya sampai dia meninggal dunia.

Ada beberapa faktor yang harus di pertimbangkan saat memilih ras anjing peliharaanyang tepat, mulai dari usia, tingkat aktivitas, ras, ukuran, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, adapun beberapa hal penting yang dapat mempengaruhimu untuk memilih anjing yang tepat sudah kamu rangkum di artikel berikut.

Pelajari Tentang Trik Memilih Anjing untuk Peliharaan

5 Rekomendasi Ras Anjing Untuk Peliharaan, Khusus Para Pemula - Dunia Peliharaan

  • Usia

Merawat puppy atau anak anjing tentunya begitu menggemaskan. Setidaknya, saat mereka berumur di atas 6 bulan, ada berbagai hal yang harus segera kamu ajarkan kepadanya. Mempunyai bayi anjing biasanya butuh perhatian serta penanganan yang lebih daripada mengadopsi anjing remaja atau dewasa.

Umumnya, anjing dewasa sudah mempunyai perilaku serta temperamen lebih stabil. Beberapa di antaranya bahkan sudah sangat terlatih dari majikan yang sebelumnya.

  • Ukuran

Merawat anjing berukuran kecil sepertinya lebih menyenangkan sebab dapat kamu bawa kemanapun. Tapi, ras anjing ini cenderung sangat rentan mengalami cedera kalau di perlakukan secara kasar. Mereka juga sensitif dengan perubahan cuaca.

Lain ceritanya kalau kamu merawat ras anjing berukuran sedang atau besar, yang di mana kamu perlu memberikannya ruangan yang luas agar dia selalu bergerak. Tapi jangan sampai aktivitas tersebut justru merusak berbagai perabotan di rumahmu.

  • Perawatan Fisik

Kamu pastinya bisa membedakan ras anjing bulu pendek dan anjing bulu panjang, yang jelas mereka memerlukan jenis perawatan yang berbeda. Ras anjing bulu pendek umumnya hanya memerlukan perawatan biasa yang dapat di lakukan seperti menyisir bulu secara berkala.

Sedangkan untuk ras anjing bulu panjang, seperti anjing Maltese kamu mungkin harus melakukan perawatan tiap hari serta rajin memandikannya supaya bulu selalu indah dan berkilau.

Tidak hanya masalah perawatan bulu, ada banyak hal lain yang harus di pertimbangkan berhubungan perawatan fisik anjing. Contohnya bisa pemberian vaksinasi, vitamin, memilih makanan terbaik, dan kebutuhan kesehatannya.

  • Tingkat Aktivitas

Tips memilih anjing berikutnya ialah mempertimbangkan tingkat kegiatannya. Hal ini agar bisa melepas energi yang berada didalam tubuh anjing yang berisiko jadi faktor anjing menjadi hiperaktif. Sebagian ras anjing harus melakukan rutinitas seperti aktivitas fisik yang mencukupi. Setidaknya, kamu dapat mengajak dia berjalan-jalan secara rutin.

Ini sekaligus dapat kamu lakukan sebagai salah satu trik melatih anjing peliharaan yang cukup ampuh.

  • Ras Murni Maupun Campuran

Ketika memilih anjing yang akan kamu pelihara, beberapa orang juga di pengaruhi dengan ras murni dan campuran. Lalu, apa perbedaan di antara mereka?

Ras anjing murni tak di sangkal lagi sebagai anjing terbaik dan pastinya harga jauh lebih mahal. Sebelum kamu memilih ras anjing murni, sebaiknya melakukan berbagai riset lebih dahulu. Mulai dari perawatannya, cara menghadapi perilakunya, sampai gangguan kesehatan yang biasa muncul di sejumah ras anjing.

Sedangkan ras anjing campuran umumnya di biakkan agar bisa mendapat karakteristik fisik dan kepribadian yang berasal dari 2 ras anjing berbeda. Daripada ras anjing murni, menurut sejumlah ahli ras anjing campuran tidak sering mengalami gangguan kesehatan.

Itu saja sederet Trik memilih anjing untuk peliharaan di rumah. Apapun ras anjing yang akan dipilih nantinya, pastikan kamu selalu berkonsultasi dengan dokter hewan. Hal ini di lakukan agar bisa mencegah terjadinya berbagai masalah kesehatan yang bisa mengganggu kehidupannya kelak.