Vaksin Kucing Berapa Kali Ya? Simak Yuk!

Vaksin Kucing Berapa Kali Ya? Simak Yuk!

Vaksin Kucing Berapa Kali – Siapa yang tidak gemas melihat hewan berwajah imut dan berbulu halus ini ya itu kucing. Siapapun yang melihat kucing pasti ingin mengelus dan menyayanginya, karena hewan ini sungguh menggemaskan.

Jadi, tidak heran jika banyak orang yang memelihara hewan yang stau ini. Selain menggemaskan, hewan ini juga memiliki tingkah laku yang lucu. Ketika memelihara kucing, tentunya Anda harus memenuhi segala kebutuhan dan menyayanginya seumur hidup mereka. Jadi, Anda harus bertanggung jawab atas semua keperluannya, misalnya seperti makanan, kandang, perawatan atau grooming bahkan sampai kesehatan kucing.

Agar kucing Anda tidak mudah terkena penyakit dan mengurangi risiko gejala penyakit yang menyerangnya, Anda bisa memberikan vaksin kepada kucing. Vaksin merupakan hal yang harus Anda berikan kepada kucing untuk menjaga kesehatannya. Karena, jika tidak diberikan vaksin, kucing Anda akan terkena berbagai macam penyakit.

Lalu apa itu vaksin? Apa saja manfaat, sampai dengan kapan harus memberikan vaksin kepada kucing? Anda bisa membaca ulasan berikut ini sampai habis untuk mengetahuinya. Karena, dalam ulasa berikut ini kami akan membahas lebih lanjut mengenai vaksin kucing.

Pengertian Vaksin Kucing

Pengertian vaksin kucing adalah sebuah pemberian vaksin kepada tubuh kucing. Pemberian vaksin ini memiliki tujuan agar kucing Anda mendapatkan kekuatan dan kekebalan tubuh yang tinggi dan juga terlindungi dari berbagai serangan penyakit. Pada umumnya, kucing juga akan mulai divaksinasi di sekitar umur 8-9 minggu. Karena, biasanya sejak kecil, kucing akan menerima kekebalan tubuh dari susu dari induknya. Dan kekebalan tersebut akan berkurang ketika mereka berumur 8 bulan. Maka dari itu, pemberian vaksin disini merupakan hal penting yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh kucing kesayangan Anda.

Tujuan Vaksin Kucing

Mengenai tujuan dari vaksin kucing, tentunya selayaknya vaksinasi pada umumnya, yaitu memiliki tujuan untuk mempersiapkan sistem kekebalan tubuh pada kucing Anda. Jadi, dengan ini tubuh kucing bisa memberikan perlindungan saat mereke terkena infeksi virus maupun bakteri tertentu.

Vaksin kucing ini memiliki kandungan antigen yang terlihat seperti organisme dari penyakit tersebut. Tapi, penyuntikan vaksin ini tidak menyebabkan penyakit, karena vaksin hanya mengenalkan penyakit tersebut untun tujuan memicu pertumbuhan antibody. Jadi, ketika penyakit yang sesungguhnya menyerang kucing Anda, maka sistem kekebalan tubuh kucing sudah bisa mengenai penyakit tersebut dan dapat melawannya.

Manfaat Pemberian Vaksin Kucing

Pada umumnya, manfaat dari pemberian vaksinasi kucing tentu saja untuk memberi perlindungan kepada hewan tersebut dari berbagai macam penyakit yang tentunya disebabkan oleh infeksi bakteri maupun virus. Tidak hanya itu saja, vaksin kucing juga memiliki manfaat untuk memperkuat sistem imun hewan tersebut.

Tidak hanya bisa melindungi hewan dari virus dan bakteri. Manfaat pemberian vaksin kucing tersebut bisa mengurangi risiko gejala penyakit yang parah. Jadi, walaupun kucing Anda terkena penyakit, mereka akan mengalami gejala yang tidak separah biasanya.

Baca Juga: Vaksin Kucing, Apa Saja Ya Jenis Vaksin Untuk Kucing?

Vaksin Kucing Berapa Kali Ya?

Biasanya, kucing harus mendapatkan vaksinasi sejak dini, yaitu ketika mereka masih kitten atau masih menjadi anak kucing. Jadi, anak kucing harus sudah mendapatkan vaksinasi ketika kucing berusia 8 minggu.  Kemudian, kucing Anda juga harus mendapatkan vaksinasi booster setahun setelahnya, yang bisa dilakukan berurutan misalnya setiap tiga sampai dengan empat minggu. Sementara itu, untuk kucing dewasa tentunya membutuhkan vaksin lebih jarang. Pada umumnya, kucing dewasa harus dicaksin setiap tahun atau misalnya setiap 3 tahun, jadi tergantung beberapa lama vaksin dirancang untuk bertahan.

Prosedur Vaksin Kucing

Untuk prosedur vaksin pada kucing, biasanya diberikan melalui suntikan pada bagian bawah kulit. Terkadang, vaksin juga bisa diberikan melalui tetes mata maupun hidung. Biasanya, prosedur vaksinasi pada kucing hanya memakan waktu yang singkat. Bila vaksin kucing digunakan sesuai dengan anjuran dan tepat, maka vaksin tersebut aman digunakan dan dapat memberikan perlindungan pada tubuh kucing dari beberapa jenis penyakit.

Itulah beberapa ulasan mengenai vaksin pada kucing. Untuk Anda yang ingin memberi vaksin pada kucing, Anda bisa mengunjungi klinik hewan terdekat yaitu Mypets Indonesia. Tidak hanya klinik hewan saja, Anda juga bisa mendapatkan kebutuhan hewan yang lainnya misalnya seperti makanan hewan, kebutuhan grooming dan yang lainnya.