Yuk Kenali Fakta Menarik Tentang Usia Kucing

Yuk Kenali Fakta Menarik Tentang Usia Kucing
tentang usia kucing

Lama usia kucing bisa dipengaruhi karena beberapa penyebab. Misalnya kesehatan, pemeliharaan, lingkungan, dan apakah mereka dikebiri. Semuanya penting ketika menyangkut harapan hidup seekor kucing. Kemudian, nutrisi juga dapat mempengaruhi peranan penting. Lantas, apa saja faktor lain? Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang usia kucing.

Untuk kamu yang sudah memelihara kucing, penting mengetahui rata-rata usia kucing di dunia. Tujuannya supaya kamu bisa mengerti bagaimana cara perawatan yang dilakukan. Khususnya ketika kucing berusia tua. Jika manusia rata-rata memiliki hidup sampai 78 tahun, lalu berapakah usia rata-rata kucing? Caritahu jawabannya disini.

Fakta Menarik Tentang Usia Kucing

Harus diketahui bahwa untuk kucing peliharaan, kebiri atau sterilisasi bisa menjadi penyebab paling penting dalam usia hidup kucing. Pasalnya, memandulkan mereka akan mengurangi ataupun menghilangkan resiko penyakit yang bisa mempengaruhi sistemm reproduksi kucing tua. Sementara itu, dengan kemajuan dalam bidang medis, kucing mampu hidup sampai 20 tahun atau bahkan lebih.

  • Rata-Rata Usia Kucing Domestik

Berdasarkan survei 10 web ternama yang mengisahkan rata-rata umur kucing domestik, bisanya kucing domestik mampu menembus umur 15 tahun. Harus diketahui jika ras kucing bisa menjadi penyebab lain yang dapat mempengaruhi umur kucing. Dari penelitian, biasanya ras kucing campuran mampu hidup lebih lama ketimbang kucing ras biasa.

  • Pernah Sampai Berusia 38 Tahun

Dalam hal rekor umur kucing tertua yang sudah tercatat di sejarah adalah 38 tahun serta 3 hari. Jenis kucing ini adalah shorthair domestik serta kadang diberikan makanan aneh seperti telur hingga asparagus.

Tak diketahui dengan jelas bagaimana dia mampu berusia panjang. Tapi, gabungan dari susunan gen yang baik, perawatan penuh kasih sayang, sampai lingkup yang aman bisa menjadi faktor kuncinya.

Kaitan Antara Usia dengan Nutrisi Kucing

Kucing adalah karnivora sejati, sehingga makananyang diberi juga wajib sesuai dengan perilaku alaminya. Kucing memerlukan protein lebih banyak daripada anjing, sebab sistem pencenaannya unik. Setidaknya kucing dewasa harus mendapatkan 5.5 gram /kg protein dalam sehari. Misalnya, rata-rata kucing dengan berap 8 pon harus mengkonsumsi 20 gram protein di setiap hari.

Tidak hanya protein saja, nutrisi seperti halnya asam amino esensial juga penting untuk kucing. Contohnya seperti sistin, metiotin, dan taurin. Jika makanan kucing tak terdiri dari kadar protein tepat, vitamin, dan asam amino esensial yang sangat penting dibutuhkannya, maka kesehatan kucing bisa terganggu. Jika demikian, kondisi itu akan mengurangi umur kucing itu sendiri.

Rata-Rata Usia Kucing Peliharaan

Kucing peliharaan yang seringkali menghabiskan waktunya didalam rumah mampu hidup 3 kali lipat lebih lama dari kucing jalanan. Hal ini dikarenakan mereka diberi vaksinasi, disterilkan, serta dijauhkan dari semua bahaya dari luar ruangan.

Kucing peliharaan bisa hidup antara 14 sampai 20 tahun. Tapi, mereka membutuhkan banyak perhatian serta diajak bermain.

Lalu, Bagaimana dengan Kucing Jalanan?

Dikutip The Spruce Pets, baik kucing liar atau kucing rumahan yang ada diluar ruangan rata-rata berusia sekitar 5 tahun. Karena, mereka sering menghadapi berbagai resiko serta tantangan yang bisa mengancam nyawa.

Contohnya, terluka karena hewan lain, kecelakaan di jalan, terpapar parasit, jamur, atau virus, hingga tidak sengaja menelan racun ketika mencari makanan. Semakin banyak waktunya dihabiskan diluar ruangan, maka semakin besar resiko cedera ataupun penyakit yang bisa menyerang.

Itu saja ulasan mengenai beberapa fakta menarik tentang usia kucing. Jika berencana ataupun sudah mempunyai kucing, jangan sampai lupa selalu memenuhi semua kebutuhan gizinya.